Friday 21 January 2011

Nanny 911

Posted on 08:59 by ithoxs & uut

Penulis   : Deborah Carroll & Stella Reid
Penerbit : Hikmah
Kondisi : Buku bekas, disewakan

Sinopsis :
Orang tua manapun akan mendambakan memiliki anak yang disiplin dan mudah diatur. Tetapi, semua orang akan senang, bila anaknya kreatif dan aktif. Itulah pada dasarnya setiap anak memiliki sifat yang ekspresif, kreatif, dan rasa ingin tahu yang besar.

Tidak jarang sifat-sifat mereka jika tidak diarahkan dengan baik oleh orang-orang disekitarnya terutama orang tuanya, menjadi tindakan-tindakan yang negatif. Misalnya, agar keinginannya semua terpenuhi maka anak akan berteriak, menangis, mengamuk, bahkan memukul. Jika hal ini terjadi, bukan saja orang tuanya yang akan tertekan, namun juga sang anak, karena mereka memang masih butuh bimbingan untuk mengerti mana hal yang baik dan mana hal yang buruk, di situlah orang tua seharusnya mengerti dan mengambil sikap-sikap yang bertujuan mendidik.

Deborah Carrol dan Stella Reid merupakan pengasuh anak atau populer dengan panggilan Nanny. Mereka sudah sangat berpengalaman mengatasi segala macam tingkah laku anak-anak, bahkan kegiatan mereka dijadikan reality show di sebuah stasiun televisi. Kini, bersama Karen Moline, mereka membukukan pengalamannya untuk dibagi kepada seluruh orang tua di dunia, mengenai bagaimana caranya mengatasi setiap permasalahan yang timbul dari perilaku anak-anak yang beraneka ragam. Disertai dialog dan contoh kasus, kita dapat menemukan cara-cara praktis yang dilakukan Nanny Deb dan Nanny Stella dalam memberikan bimbingan kepada para orang tua.

Inti dari pelajaran yang diterapkan mereka adalah konsistensi, komunikasi, ketegasan, juga kerjasama yang baik antara ayah dan ibu, dan tidak lupa di balik hukuman harus ada penghargaan, seperti ucapan terima kasih, pujian-pujian kecil, atau sesekali hadiah sehingga anak dapat belajar menghargai diri sendiri. Namun sebelum mengharapkan perubahan pada anak, maka yang pertama kali harus berubah adalah orang tuanya. Tak jarang para orang tua yang menjadi “klien” Nanny merasa sakit hati, sedih, bahkan marah, jika Nanny sudah memberikan koreksi pada tindakan atau didikan yang mereka terapkan pada anak-anak mereka, padahal mereka baru saja datang, perasaan tersinggung diajari oleh orang asing normal saja terjadi.

Dalam buku berjudul Nanny 911 ini diceritakan beberapa kasus keluarga yang anak-anaknya bermasalah. Beberapa cerita dalam buku ini pernah juga ditayangkan dalam reality show Nanny 911. Buku setebal 374 halaman ini menyajikan contoh kasus yang dikelompokkan ke dalam beberapa bentuk solusinya. Dari kasus anak-anak yang suka mengamuk, mengompol, mengeluarkan kata-kata kasar sampai tidak mau buang air di kamar mandi. Buku ini akan langsung mengemukakan langkah-langkah solusi penyelesaiannya sesuai dengan pengelompokan permasalahan.

Tidaklah mudah memang merubah perilaku anak dalam waktu singkat, namun tentu saja orang tua menginginkan selalu yang terbaik untuk buah hatinya, oleh karena itu semangat untuk sama-sama belajar menghadapi segala situasi dan mencari solusinya harus tetap dipelihara, bagaimanapun rumah merupakan sekolah yang pertama untuk anak-anak, dan guru yang terbaik adalah para orang tuanya. (Caroline / PERADA – Koran Jakarta)

No Response to "Nanny 911"

Leave A Reply